6 Aplikasi Edit Video Alternatif Linux Pengganti Software Windows




Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi semua, kali ini saya akan membagikan artikel tentang "Aplikasi Edit Video Alternatif Linux Pengganti Software Windows". Setelah akhir-akhir ini saya mencoba migrasi ke linux, salah satu OS free yang masih jarang dipakai dikalangan umum yang beranggapan "linux itu sulit". Tapi saya mencoba untuk membuat artikel yang dapat membantu sobat yang baru mau mencoba migrasi ke linux. Kali ini tentang aplikasi edit video, langsung aja ini di list nya

1. OpenShot

Pada urutan pertama ada aplikasi bernama OpenShot, saya taruh di urutan pertama karena aplikasi ini dirancang agar mudah digunakan sehingga mudah untuk belajar dan menjadikan produktivitas tidak terganggu. Fitur yang terdapat dalam aplikasi ini antara lain :
a. memotong dan menyambung video
b. memberikan efek animasi
c. trak yang tak terbatas
d. tampilan yang mudah dan bersahabat
e. dan masih banyak lagi.

Sekilas aplikasi ini seperti Camtasia. Bagi yang berminat untuk menggunakannya silakan download di webnya langsung.

2. Kdenlive

Urutan kedua ada aplikasi bernama Kdenlive, dengan tampilan yang hampir sama dengan OpenShot. Proyek yang berdiri sejak tahun 2013 ini dibangun dengan teknologi KDE, QT, MLT framework. Memiliki fitur sebagai berikut :
a. Multi-trak untuk mengedit video
b. Mendukung berbagai format video dan audio
c. Kostumisasi tampilan dan shortcut
d. Efek dan transisi
e. dan masih banyak lagi.

Untuk tampilan Kdenlive menurut saya agak sulit bagi yang belum terbiasa, oleh sebab itu saya taruh di urutan kedua. Yang ingin download langsung aja ke webnya.

3. Cinelerra

Ketiga ini bukan Cinderela ya... :D tapi Cinelerra. Aplikasi edit video yang berdiri sejak tahun 1998. Mempunya user interface yang terbilang mudah untuk digunakan. Mempunyai fitur :
a. Efek video seperti slow motion
b. Tampilan yang cukup mudah
c. Support vidoe 4K
d. dan banyak lagi

Mau mencobanya, langsung download dari webnya.

4. Pitivi

Peringkat keempat saya berikan kepada Pitivi, software editing video yang mirip denga OpenShot dan Kdenlive ini, mudah digunakan dan mendukung berbagai macam bahasa, jadi bisa sambil belajar bahasa bule lain selain inggris. Fitur yang ditawarkan sebagai berikut :
a. Mendukung banyak format video untu diedit maupun di eksport
b. Efek dan transisi video
c. Mendukung edit timeline sampai nanosecond
d. dan masih banyak lagi

Download di webnya langsung ya...

5. Flowblade

Kelima diduduki oleh software berama Flowblade. berdiri sejak tahun 2009, memiliki tampilan yang mirip dengan OpenShot. Sehingga mudah untuk digunakan. Fitur yang ada antara lain :
a. Mendukung banyak format video
b. Mudah digunakan
c. Mendukung G'Mic effect tool
d. Render video secara bersamaan
e. dan masih banyak lagi

Download melalui web resminya ya sobat.

6. Lightworks

Keenam ada Lightworks, aplikasi edit video yang sebenarnya mendukung platform Windows, MacOS, dan Linux. Namun dengan pengalamannya selama 25 tahun telah menjadikan Lightworks software editing yang berkualitas, dengan fitur :
a. Tampilan yang simpel dan bersahabat
b. Edit timeline yang mudah
c. Support export sampai 4K
d. dan masih banyak lagi.

Namun, aplikasi ini tidak sepenuhnya gratis untuk menikmati semu fitur yang ada, oleh karena itu saya taruh di urutan paling bawah. Kalau mau mecobanya silakan download langsung di webnya.

Simpulan

Dari 6 Aplikasi Edit Video Alternatif Linux Pengganti Software Windows silakan coba yang paling mudah dan sesuai kebutuhan sobat. Di atas hanya ulasan sedikit yang dapat saya sampaikan, apabila ada salah dalam penulisan mohon maaf dan sekiranya untuk dibenarkan. Sekian.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama